Quiz PBKK

 Nama: Gabriella Natasya Br Ginting

NRP: 5025211081

Kelas: Pemrograman Berbasis Kerangka Kerja (B)

Tahun Ajaran: 2023


1. Menjelaskan struktur framework, dan apa saja kegunaannya dalam pengembangan Perangkat Lunak

 Framework

 → Framework merupakan kerangka kerja/struktur yang terdiri dari sekumpulan kode, pola, dan class abstrak yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi yang berbasis website dan juga desktop.  Kerangkan kerja tersebut akan membantu developer dalam menuliskan kode dengan lebih terstruktur dan tersusun dengan rapi.

Kegunaan

    1. Kode pogram lebih terstruktur

Fungsi framework yang utama adalah membuat source code menjadi lebih terstruktur. Terstruktur yang dimaksud adalah program yang dibuat akan dimasukkan ke dalam setiap komponen sesuai dengan fungsi nya masing – masing.

    2. Meningkatkan Produktivitas

Framework mempermudah dan mempercepat proses pengembangan aplikasi, sehingga meningkatkan produktivitas pengembang aplikasi. Pengembang aplikasi dapat memanfaatkan komponen dan fitur yang sudah tersedia dalam framework, sehingga tidak perlu menulis kode dari awal untuk setiap bagian aplikasi.

    3.  Meningkatkan Keamanan

Framework dapat meningkatkan keamanan aplikasi dengan memastikan bahwa aplikasi mengikuti praktik keamanan yang baik dan menyediakan solusi untuk masalah keamanan yang umum. Framework juga memastikan bahwa aplikasi tidak rentan terhadap serangan dan memiliki mekanisme untuk menangani serangan jika terjadi.

    4.  Mempermudah Pengembangan

Framework mempermudah proses pengembangan aplikasi dengan menyediakan komponen dan fitur yang sudah ditentukan dan dipersiapkan sebelumnya. Komponen dan fitur ini dapat membantu pengembang aplikasi untuk fokus pada logika dan fitur aplikasi, tanpa harus memikirkan hal-hal teknis seperti koneksi basis data, autentikasi, dll. Secara garis besar, hal tersebut dapat membuat proses pengembangan aplikasi menjadi lebih cepat dan efisien.


2.  Menjelaskan perbedaan masing-masing perbedaan metode dalam implementasi pembuatan aplikasi menggunakan Winform, WPF , ataupun UWP.

Winform

- Lebih tua sehingga telah banyak dicoba dan teruji.

- Sudah tersedia banyak kontrol pihak ketiga yang dapat anda beli atau dapatkan secara gratis.

- Designer di Visual Studio masih dalam hal penulisan, lebih baik WinForms daripada WPF, dimana anda harus bekerja lebih banyak dengan WPF.


WPF

- Microsoft menggunakan WPF untuk banyak aplikasi baru (contoh: Visual Studio)

-  Lebih fleksible, sehingga dapat melakukan lebih banyak tanpa harus menulis ataupun membeli kontrol baru.

- Ketika memerlukan menggunakan kontrol pihak ketiga, pengembang kontrol tersebut akan lebih berfokus pada WPF karena WPF lebih baru.

- XAML mempermudah membuat dan mengedit GUI, dan memungkinkan pekerjaan untuk dipisah antara desainer (XAML) dan programmer (C#, VB.NET, dll)

- Databinding, yang memungkinkan untuk mendapatkan pemisahan antara data dan layout yang lebih bersih.


UWP

Aman: Aplikasi UWP mendeklarasikan sumber daya perangkat dan data mana yang mereka akses. Pengguna harus mengotorisasi akses tersebut.

- Dapat menggunakan API umum di semua perangkat yang menjalankan Windows.

- Mampu menggunakan kemampuan khusus perangkat dan mengadaptasi UI ke ukuran layar perangkat, resolusi, dan DPI yang berbeda.

- Tersedia dari Microsoft Store di semua perangkat yang berjalan pada Windows 10 atau Windows 11. Microsoft Store menyediakan beberapa cara untuk menghasilkan uang di aplikasi.

- Dapat diprogram dalam C#, C++, Visual Basic, dan JavaScript. Untuk UI, gunakan WinUI, XAML, HTML, atau DirectX.


3.  Membuat screenshot aplikasi yang pernah dibuat, beserta deskripsi dan link tugas yang pernah dikerjakan mengenai Winfor, WPF dan UWP

Winform

    - Calculator 

Link: https://github.com/Gabbynts/Calculator

Aplikasi yang dapat digunakan dengan mudah, yaitu hanya dengan menginput angka lalu menginput operator yang ingin digunakan untuk menghitung hasilnya dengan angka kedua yang diinput. Setelah angka dan operator yang diinginkan diinput, kalkulator tersebut akan memberikan hasil dari perhitungan angka yang sudah diinput.

Hasil:


    - Media Capture

Link: https://github.com/Gabbynts/media-capture-app

Aplikasi Media Capture dengan Windows yang menggunakan kamera atau mikrofon untuk mengambil foto, video, atau audio. Cara kerja aplikasi ini yaitu, menggunakan VideoDeviceController untuk mengakses kontrol kamera manual, menangkap urutan foto, menyimpannya dalam file lokal.



WPF

    - List Name

Link: https://github.com/Gabbynts/list-name-wpf

Aplikasi sederhana yang menampilkan kumpulan dari nama-nama yang kita ketik sesuai dengan keinginan kita dan masukkan dengan menekan button "Add Name" yang dimana aplikasi ini dibangun dengan menggunakan WPF (Windows Presentation Foundation). 



    - Dashboard UI


Aplikasi sederhana yang menampilkan design ui yang menggunakan NET framework dengan memadukan warna warna dan membuat tampilan semenarik mungkin dan dengan kumpulan dari tools button, label, picture, dan lainnya



UWP

    - Photo Lab

Link: https://github.com/Gabbynts/photolab-uwp

Aplikasi PhotoLab sederhana yang dibangun menggunakan UWP (Universal Windows Platform).

UWP adalah teknologi pengembangan framework NET yang memudahkan developer membuat aplikasi yang bisa berjalan di beberapa perangkat seperti PC Windows, tablet, dan smartphone.

Aplikasi ini memungkinkan kita untuk mengatur banyak grid pada kumpulan foto, menampilkan detail dari foto yang kita pilih dapat di zoom di edit dan juga disimpan kembali.

- Mengatur grid foto

 

- Detail foto
 
     



4. Menjelaskan aplikasi Rich UI dan membuat aplikasi Rich UI yang berguna dalam kehidupan sehari hari, misal Animasi Clock, aplikasi cuaca, pemantauan kesehatan. Buat design UI nya..

Rich UI

 → Aplikasi Rich UI adalah aplikasi yang menampilkan User Interface yang kaya akan pengalaman tampilan yang dimana memperlihatkan tampilan yang sangat menarik yang didesain dengan gabungan atas warna-warna yang menarik perhatian.



5. Membuat video tutorial pengerjaannya, upload di Youtube, dan embedded di blog dokumentasi.

Link: https://youtu.be/9ibpyDJMzjU





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas PBKK 1

Tugas PBKK 3